Apr 23, 2017

Anak muda Indonesia & Critical thinking

Halo ! postingan ini sebenernya udah lama jadi draft karena ga rampung-rampung soalnya gue pemalas banyak alesan urusan haha. Tapi kayaknya timing nya lagi tepat hari ini hari bumi dan di US lagi ada national event #marchforscience, jd no more alasan buat gue.

Kira-kira udah hampir setahun gue sekolah di US, sekarang udah akhir semester dua. Sebenernya sistem pendidikan jenjang sarjana atau setelah sekolah menengah atas di US itu ga jauh beda sama sistem perguruan tinggi di Indonesia, sama-sama sistem SKS, undergraduate minimal 4 tahun, master level 1-2 tahun trus doktor min 3-4 tahun (tergantung disertasi), sistem belajarnya juga gak jauh beda ada kelas kecil ada juga kelas besar, tapi ya gak bisa dipungkiri kalo fasilitas dan kualitas mengajar disini emang lebih dari Indonesia (well, tapi bukan brarti gue bilang kualitas dosen di Indonesia ga bagus yaa).

Tapi kalo boleh sedikit sharing tentang hal yang paling gue rasa berbeda sama pengalaman kuliah gue di Indonesia adalah kedekatan mahasiswa (mulai dari jenjang S1) disini sama jurnal ilmiah. Mungkin bagi temen-temen yang juga pernah kuliah di luar negeri khususnya negara maju kayak US, UK, Jepang, Korea dan negara-negara Eropa, pasti juga merasakan hal yang sama sama gue. Tapi disini coba gue sharing berdasarkan apa yang gue rasain selama di US ya. 

Akses ke jurnal ilmiah internasional disini easy peasy banget, semua tersedia online maupun offline, beda banget sama jaman gue dulu kuliah di Indonesia, buat akses ke jurnal internasional tuh kudu request ke sebuah forum minta tolong di download-in. Gue gak akan terlalu membahas soal kemudahan akses mahasiswa sini sama jurnal ilmiah sih, tapi lebih ke suatu hal yang bermula dari kemudahan akses tersebut, yaitu CRITICAL THINKING.

Pertama kali yang buat gue lumayan kaget dengan sistem perkuliahan disini adalah disaat gue di push untuk berpikir kritis. Dari semester pertama sampe semester kedua sekarang ini, setiap mata kuliah yang gue ambil PASTI punya tugas berupa CRITICAL REVIEW. Jadi basically, tugas ini mengharuskan gue membaca suatu paper ilmiah terus gue harus bikin paper minimal 2 halaman berisi apa yang kita dapet dari paper tersebut ditambah apa yang kita rasa kurang sesuai atau kita anggap 'celah', ya intinya kita harus bisa mengkritik. Terus kritiknya juga ga sembarangan kritik tapi point yang kita kritik tersebut HARUS juga di provide dengan beberapa referensi paper ilmiah yang lain. selain tugas critical review ada juga tugas tugas serupa yang mengharuskan gue berpikir kritis, contohnya misal tugas bikin "Letter to editor", tugas ini mengharuskan gue membaca sebuah berita atau artikel entah dari koran atau website terus kita kritik atau revisi berdasarkan fakta-fakta, basically kayak kita membalas sebuah tulisan sih, terus ntar tulisan kita di kirim ke editor dan kalo editor rasa tulisan kita ini signifikan untuk diketahui khalayak, bisa di publish di media tersebut. 

Gue pribadi sempet kesulitan di tugas tugas pertama gue, karena selama pengalaman gue ya (gatau lo juga apa engga, atau emang gue aja dulu kuliahnya banyakan tawa) selama kuliah S1 di Indonesia, kayaknya bisa dihitung jari deh berapa paper ilmiah yang gue baca, bahkan untuk penelitian tugas akhir gue, referensi TA gue itu banyakan dari buku, ya ada sih beberapa paper dari peer-reviewed journal juga tapi ya kalopun ada jurnal ilmiah yang gue jadiin referensi TA gue dulu itu sebatas ya gue cuman buat gue mengutip  (citing) teori, hasil atau metodologi yang sama aja. Jadi intinya gue kesulitan dengan tugas baru gue tersebut karena di mindset mahasiswa indo gue, gue ya he'eh he'eh aja kalo baca paper ilmiah which means buat gue paper ilmiah tuh kayak buku paket yang lo bisa jadiin sumber aja buat setiap pertanyaan yang ditanyaain ke lo, bukan sesuatu yang TERNYATA bisa lo kritik. 

Karena tugas critical review, gue jadi BANYAK belajar sih antara lain,

  1. Gue jadi terpaksa harus dekat dengan jurnal ilmiah, gue jadi lebih banyak baca sih intinya, yang tadinya tuh baca ya buku doang. Selain jadi banyak baca, gue juga jadi ngerasa gue lebih hati-hati dalam membaca jadi gak asal-asalan
  2. Terus karena gue dipaksa banyak baca, tanpa sadar emang jadi buat gue lebih mudah memahami   basic concept 
  3. Karena basic concept nya jadi gampang kebentuk, lo juga jadi mudah mengkritik suatu pendapat karena ya itu lo punya pegangan basic concept tadi, lo jadi tau celah suatu jurnal ilmiah atau suatu study/penelitian
  4. Lo jadi berani bertanya, berani berpendapat dan lebih menghargai pendapat
Manfaat yang gue sebut diatas tuh gak terjadi seketika juga sih, gak pertama kali gue dapet tuh tugas terus gue langsung bisa gue rasain. Butuh proses panjang sih (apalagi buat anak pas-pasan yang baru belajar 10 menit udah mau istirahat nonton gosip kayak gue) bahkan sampe sekarang gue merasa gue masi kurang dalam mengkritik dibanding teman-teman US gue disini, tapi ya mendingan sih, ya pokoknya masi belajar juga gue.

Terus gue jadi berasa aja kayaknya Indonesia dalam hal ini masih kurang banget. Padahal ya mahasiswa Indonesia tuh pinter-pinter dan kualitas ilmu dosen di Indonesia tuh juga top pokoknya gak kalah sama kualitas luar, apalagi banyak dosen di Indonesia yang jebolan luar negeri. Sayang banget kan sebenernya kalo kapabilitas dalam berpikir kritis gak dimulai dari jenjang kuliah atau bahkan sekolah menengah. Imbasnya sekarang riset di Indonesia tuh jadi melempem, bukan cuman dalam scope pendidikan juga sih bahkan untuk sehari-hari, anak muda Indonesia jadi kurang bisa berpendapat sesuai norma, susah menerima perdapat lain dan jadi gampang terprovokasi. 

Bukan dari segi kualitas pendidikan dan riset di Indonesia juga sih, yang gue rasain critical thinking tuh emang sebenernya konsep yang sangat principal dalam hal mengutarakan pendapat. Contohnya media di Indonesia juga sekarang jadi yaa begitu lah haha hoax meraja lela, orang berantem  sampe ngata-ngatain karena perbedaan pendapat dimedia sosial tuh kayak biasa banget. Gue jadi inget, pertama kali gue dapet tugas buat bikin letter to editor, gue bikin menanggapi sebuah artikel di salah satu media berbahasa inggris besar ternama di Indonesia, trus dibales aja enggak sama editor nya hiks  pas gue survey kolom letter to editor di beberapa media Indonesia juga kayaknya gak populer, dan jarang banget orang mampir kesitu.  Beda banget disini dosen gue selalu menyarankan disaat lo baca suatu artikel atau berita lo juga harus cek apakah artikel tersebut sudah pernah ditanggapi orang dalam bentuk letter of editor atau belum, ya pada dasarnya buat kita lebih memperluas perspektif sih.

Oke balik lagi terkait pendidikan dan kualitas anak muda di Indonesia, pada akhirnya gue cuman bisa sharing aja sih sama apa yang gue anggap berguna (ya semoga aja yak wkwk). Jadi buat anak anak muda Indonesia, jangan keburu males (kayak saya dulu hehe) buat request paper di jurnal jurnal ilmiah di forum-forum yang bisa membantu menngunduh (semoga aja akses jurnal ilmiah baik lokal ataupun internasional makin baik lagi kedepannya buat kita), jangan lupa banyak baca dan memperluas persepsi. Buat temen-temen yang nantinya mau jadi dosen khususnya, banyak-banyakin copy paper dari jurnal ilmiah, buat jadi bahan mengajar dan tugas buat calon mahasiswanya hehe. Well sebenernya critical thinking ga harus dimulai dari jurnal ilmiah aja sih, cuman ya menurut gue, hal itu bisa membantu kualitas pendidikan di Indonesia. Mari kita tutup dengan berdoa, Semoga riset dan penelitian di Indonesia makin hari makin maju dan transparan ! ditambah kualitas anak muda Indonesia makin ciamik, makin sopan dalam mengkritik dan mengutarakan pendapat ! AMIN !

yuk marih.


(Pic source: http://www.npr.org/sections/thetwo-way/2017/04/22/525112932/saturdays-march-aims-to-stand-up-for-science)

Sunday, April 22th
from Syracuse, NY

1 comment:

dindaf said...

aamiin! good writing, sis! pretty much sums up what I've felt as well :") maaci dyntaaaa